5 Manfaat Jatuh Cinta untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Kata orang, jatuh cinta berjuta rasanya. Ungkapan ini memang tidak terlalu berlebihan. Orang yang sedang merasakan indahnya cinta biasanya selalu bahagia dan ceria saat menjalani apa pun rutinitas atau aktivitasnya. Tak hanya membuat hati bahagia, jatuh cint apun punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Menurut Alodokter, ketika jatuh cinta, detak jantung seseorang akan meningkat sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, ada manfaat lain jatuh cinta untuk kesehatan.

1. Mengurangi stres

Tidak dapat dimungkiri, terkadang beban pekerjaan yang menumpuk dan rasa lelah akibat mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa membuat seseorang mengalami stres. Namun dengan jatuh cinta, stres yang kamu rasakan bisa berkurang.

Hal ini karena interaksi positif, rasa aman, dan dukungan yang didapatkan dari pasangan dapat memicu tubuh memproduksi hormon oksitosin. Hormon inilah yang kemudian bermanfaat untuk mengurangi stres yang kamu rasakan.

2. Menyembuhkan luka lebih cepat

Jatuh cinta bisa menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyembuhan luka di tubuh. Menurut penelitian, luka fisik yang dialami oleh orang yang sudah menikah dan memiliki hubungan yang harmonis, bisa dua kali lebih cepat sembuh dibanding orang yang tidak sedang jatuh cinta.

3. Membantu melawan dan mencegah penyakit

Dari sebuah studi yang meneliti pasien dengan penyakit serius, seperti kanker, diketahui pasien bisa memiliki peluang kesembuhan yang lebih tinggi karena terjalinnya hubungan yang harmonis dengan keluarga dan pasangannya. Tak hanya itu, jatuh cinta juga bisa menjauhkan kita dari penyakit. Ketika menjalin hubungan, pasangan pasti peduli dengan kesehatan satu sama lain, sehingga dapat saling memberi motivasi dalam menjaga kesehatan. Misalnya dengan saling mengingatkan untuk makan tepat waktu, tidak merokok, rajin berolahraga, atau sekadar mengimbau agar tidak lupa beristirahat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jatuh cinta juga diketahui bisa membawa emosi positif. Hal ini bisa dipicu oleh kebiasaan tertawa bersama pasangan. Tertawa diketahui baik untuk menjaga kesehatan mental, seperti kalimat bijak yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang terbaik. Emosi positif yang ada dalam tubuh ini juga bermanfaat untuk menetralkan emosi negatif yang mempengaruhi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung.

5. Menurunkan tekanan darah

Jatuh cinta juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, khususnya untuk pasangan yang sudah menikah dan menjalani pernikahan yang bahagia. Namun, bagi yang belum menikah, manfaat ini juga bisa dirasakan selama menjalani hubungan yang baik dan harmonis degan pasangan.