70% Masyarakat Surabaya Raya Disebut Tak Pakai Masker, Ini Reaksi Jokowi

Tingkat kepatuhan masyarakat di Surabaya Raya meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Gresik untuk memakai masker agar terhindar dari penyebaran Covid-19, rupanya masih rendah. Ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair).

Di mana masyarakat yang memakai masker di tempat ibadah hanya 30 persen, sementara sisanya yakni 70 persen tidak pakai masker. Kondisi tersebut sangat rawan untuk tertular covid-19, yang saat ini tengah menjadi pandemi.

Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto atau Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk segera mendistribusikan masker dalam jumlah yang banyak ke Surabaya Raya atau Jatim.

“70 persen tidak menggunakan masker, Itu angka yang gede. Tolong Pak Menkes atau BNPB segera kirim masker ke Surabaya atau Jatim,” terang Jokowi di Grahadi Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Jokowi juga menyebutkan koordinasi antar manajemen juga harus betul dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19. Jokowi juga telah memerintahkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II untuk membantu, terutama dalam mensinergikan rumah sakit darurat dengan rumah sakit rujukan.

“Dipilah mana yang berat, mana yang ringan ditempatkan di rumah sakit mana. Sehingga tak semua masuk dalam satu titik,” papar Jokowi.