Cara Promosi Produk Melalui WhatsApp blast

WhatsApp blast menjadi semakin populer di kalangan perusahaan sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau pelanggan potensial. Dengan pengguna WhatsApp yang terus meningkat setiap tahun, platform ini memberikan peluang yang besar bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan. Namun, untuk mencapai kesuksesan dalam WhatsApp blast, perusahaan perlu mempelajari strategi penggunaan yang tepat dan efektif.

WhatsApp blast adalah metode promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada sejumlah besar kontak Anda melalui WhatsApp. Berikut ini adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara melakukan promosi produk melalui WhatsApp blast:

 

Langkah 1: Persiapkan Daftar Kontak Anda

Sebelum memulai WhatsApp blast, pastikan Anda memiliki daftar kontak yang relevan. Ini bisa berisi pelanggan, prospek, atau orang-orang yang telah menunjukkan minat dalam produk atau layanan Anda. Pastikan kontak-kontak ini ada dalam telepon Anda atau di dalam aplikasi WhatsApp Business.

 

Langkah 2: Buat Pesan Promosi yang Menarik

Buat pesan promosi yang menarik dan informatif. Pastikan pesan tersebut mencakup informasi penting tentang produk atau layanan Anda, manfaatnya, dan tindakan yang harus diambil oleh penerima (misalnya, mengunjungi situs web Anda atau menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut). Juga, pastikan pesan tersebut tidak terlalu panjang sehingga mudah dibaca.

 

Langkah 3: Gunakan Fitur WhatsApp Broadcast

WhatsApp memiliki fitur “Broadcast” yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang sama ke sejumlah besar kontak tanpa harus membuat grup. Untuk menggunakan fitur ini:

 

Buka WhatsApp Anda.

Di menu utama, ketuk opsi “Broadcast Lists” (biasanya ada di bagian atas).

Ketuk “New List” atau “Tambahkan List Baru.”

Pilih kontak-kontak yang ingin Anda sertakan dalam daftar blast Anda.

Setelah selesai memilih kontak, ketuk tombol “Create” atau “Buat.”

Ketuk daftar yang telah Anda buat, dan Anda akan dapat mengirim pesan ke semua kontak tersebut.

Langkah 4: Kirim Pesan Blast

Setelah Anda memilih daftar kontak, Anda dapat mengirim pesan blast Anda. Ketikkan atau tempelkan pesan promosi yang telah Anda persiapkan ke dalam kotak pesan, lalu kirimkan. Pastikan pesan Anda menarik dan relevan.

 

Langkah 5: Pantau dan Tanggapi Respons

Setelah mengirim pesan blast, pantau tanggapan dari kontak Anda. Tanggapi pertanyaan atau permintaan informasi lebih lanjut dengan cepat. Jika memungkinkan, Anda bisa mengatur pesan otomatis untuk memberikan respons instan.

 

Langkah 6: Evaluasi Hasil

Setelah kampanye WhatsApp blast selesai, evaluasi hasilnya. Tinjau data tentang berapa banyak pesan yang dibaca, berapa banyak yang mendapatkan respons positif, dan apakah ada peningkatan penjualan atau minat dalam produk atau layanan Anda. Dengan data ini, Anda dapat mengoptimalkan strategi WhatsApp blast Anda untuk kampanye berikutnya.

 

Catatan Penting:

Pastikan Anda memiliki izin untuk mengirim pesan promosi kepada kontak-kontak Anda. Spamming atau mengirim pesan tidak diinginkan dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Selalu hormati privasi pelanggan dan peraturan privasi yang berlaku.

Jangan mengirim terlalu banyak pesan dalam waktu singkat, karena hal ini dapat mengganggu dan mengarah pada pelaporan spam.

Pertimbangkan waktu yang tepat untuk mengirim pesan. Hindari mengirim pesan pada jam-jam malam atau saat yang tidak sesuai.

Penting untuk menciptakan pesan yang relevan, tidak mengganggu, dan memberikan nilai tambah kepada kontak Anda saat melakukan WhatsApp blast. Dengan pendekatan yang baik, ini dapat menjadi alat promosi yang efektif.

 

TENTANG MIMIN

Mimin adalah platform chat commerce yang memiliki banyak fitur untuk mendukung kemudahan komunikasi perusahaan dengan pelanggan yang terjalin dari penggunaan channel obrolan/chat, private message di social media (Facebook, Twitter, Instagram) untuk kemudahan dalam proses transaksi bisnis. 

Mimin dapat digunakan oleh semua jenis bisnis baik UMKM, Retail maupun B2B sekala besar lainnya. Dengan penggunaan Mimin, perusahaan dapat menyimpan semua akses informasi pelanggan mulai dari proses negosiasi, pemesanan, pelacakan hingga barang diterima oleh pelanggan. Mimin juga dapat melakukan automasi marketing campaign yang lebih tertarget untuk membantu meningkatkan penjualan atau performa bisnis.

 

Ketahui lebih lanjut mengenai Mimin dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Mimin

 

  1. Admin Pintar Kita

Graha Charis Siem

Jl. Tanah Abang 5 No. 21, Central Jakarta

Phone: +62 81382650221

Email: halo@mimin.io

 

Baca juga

Back to top button