Dinkes Banten Sebut Ada 18 Pasien dalam Pengawasan Corona

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Astuti menyebutkan sebanyak 18 warga Banten masuk dalam katagori pasien dalam pengawasan (PDP), dan 113 orang dalam pemantauan (ODP) virus corona atau Covid 19.

“ODP per hari ini ada 113 tersebar di delapan kabupaten kota, terus kalau PDP ada 18 kasus,” ujar Ati kepada wartawan usai menggelar rapat kordinasi kejadian luar biasa (KLB) virus corona di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (16/3/2020).

Saat ini, Provinsi Banten baru ada dua rumah sakit rujukan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan yakni RSUD Kabupaten Tangerang yang memiliki empat ruang isolasi, dan Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara Serang terdapat tiga ruang isolasi.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien dalam pengawasan, Dinkes Banten saat ini sedang mengusulkan tiga rumah sakit rujukan virus corona tambahan. Ketiganya yakni RSUD Belaraja, RSUD Banten dan RSUD Panggung Rawi Kota Cilegon.

“Tetapi ini baru akan menambah tiga rumah sakit rujukan tmbahan yang sudah di SK kan oleh Gubernur. Tapi, kita sebelumnya akan kami persiapkan dulu, kita harus pengadaan barang dulu, karena ruang isolasi harus ada standar standar yang harus dipenuhi terlebih dahulu,” ujarnya.