Kasi Perum Bulog Cabang Serang : Stok Beras Aman Hingga Beberapa Bulan Ke Depan

Perum Bulog Cabang Kota Serang, menjamin stok beras saat memasuki bulan suci ramadhan tetap aman hingga delapan bulan kedepan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kasi Pengadaan dan Operasional Bulog Cabang Serang, Muhammad Rizal saat menanggapi ketersediaan stok beras menjelang bulan suci ramadhan.

“Kita pastikan untuk saat ini aman, stoknya kita 3.500 ton dalam bentuk beras, dan stok itu dapat bertahan hingga 8 bulan kedepan, artinya menjelang bulan suci ramadhan kita tidak perlu khawatir karena stok nya sudah cukup,” ujar Rizal, Rabu, (31/3/2021).

Selain beras, ia menjelaskan, pihaknya memiliki stok komoditi lainya seperti, daging beku, tepung terigu dan gula pasir.

“Kalau sesuai penugasan, kami hanya di beri tugas untuk mengumpulkan stok dalam bentuk beras, tapi kalau untuk komoditi lainnya itu hanya mendukung sisi jual kami saja,” tegasnya.

Dia menambahkan, sebagian stok beras yang di dapatkannya merupakan hasil dari pengadaan petani lokal dari wilayah kerja Perum Bulog Cabang Serang, yaitu Kota Cilegon, Kota Serang dan Kabupaten Serang.

“Kita sudah menerima rencana serapan sampai saat ini 1.500 ton dari petani tiga daerah tersebut, kita juga ada persyaratan kualitas yang dapat di terima di Bulog, kadar airnya maksimal 14 persen kemudian kadar kotorannya maksimal 3 persen,” katanya.

Untuk harga beras yang dibeli oleh pihaknya dari para petani sebesar Rp 5.300 per kilogram. Sedangkan untuk minyak pihaknya memiliki stok sekitar 3.100 liter.

“Daging beku baru kita masukan 3.000 kilogram dan rencana kita ingin menambah stok lagi ke kanwil untuk pengajuan sekitar 15 ton dengan pengirimannya secara berkala,” imbuhnya.

Untuk pendistribusian beras, lanjut Rizal, pihaknya menggunakan penyaluran dengan ketersediaan pasokan stabilitas harga (KPSH) atau yang dulu dikenal dengan operasi pasar.

“Slot penyalurannya itu KPSH Sistem kerjanya dilaksanakan sepanjang tahun, untuk menjaga harga beras medium khususnya agar tidak terus merangkak naik,” tutupnya.