PSBB Tangerang Raya Berakhir Hari Ini, Diperpanjang atau Dihentikan?

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya berakhir hari ini, Minggu (28/6/2020). Namun Gubernur Banten Wahidin Halim belum memutuskan apakah PSBB akan di perpanjangan atau tidak.

PSBB di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan sudah melalui empat tahap. PSBB Tangerang Raya Tahap pertama dimulai dari 18 April sampai dengan 3 Mei 2020, dan diperpanjang Wahidin Halim dari 4 Mei hingga 7 Mei 2020.

Setelah melakukan evaluasi, PSBB tahap kedua diberlakukan dari 8 Mei hingga 31 Mei 2020. Kondisi pandemi virus corona di Tangerang Raya belum menurun, PSBB tahap ketiga ditetapkan dari 1 Juni hingga 14 Juni.

Kemudian, Gubernur Banten memutuskan untuk memperpanjang lagi PSBB tahap ke empat dari tanggal 14 – 28 Juni. Namun, pelaksanaan PSBB tahap ke empat lebih diperketat untuk mendisiplinkan masyarakat menuju new normal atau tatanan kehidupan baru.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, hari ini Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Kepala Daerah di Tangerang Raya, Polri, TNI, dan stakeholder lainnya menggelar rapat evaluasi pelaksanaan PSBB.

“Pukul 09.30 WIB akan ada evaluasi (pelaksanaan PSBB Tangerang Raya). Nanti diinfokan hasilnya,” ujar Eneng melalui pesan singkatnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten wilayah Tangerang Raya masih tercatat sebagai wilayah dengan jumlah kasus terbanyak di Provinsi Banten dan masih masuk daerah zona merah.

Kota Tangsel tercatat sebagai wilayah dengan jumlah kasus positif terbanyak dengan sisa 163 pasien yang masih dirawat. Kemudian Kota Tangerang dengan sisa 71 kasus positif yang dalam perawatan, dan Kabupaten Tangerang dengan 49 kasus dirawat.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan bahwa secara umum kasus positif di Banten dalam empat minggu terakhir jumlah kasusunya fluktuatif. Namun, cenderung menurun.
“Kasus kematian karena covid di Banten dalam empat minggu terakhir selalu turun. Angka kesembuhan dalam 4 minggu terakhir selalu meningkat,” ujarnya.