Puluhan Warga Tangerang di Satu RW Positif Covid-19

Salah satu kecamatan yang menyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Kabupaten Tangerang, Banten adalah Kecamatan Pasar Kemis. Sebanyak 30 warga dalam satu lingkungan RW terkonfirmasi positif Covid-19. Lonjakan kasus tersebut rupanya terjadi pada minggu lalu atau pada penerapan PSBB ke delapan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, awalnya satu warga yang bekerja di wilayah DKI Jakarta melakukan swab test dan dinyatakan positif Covid-19. Pihak Dinas Kesehatan kemudian melakukan tracing terhadap keluarga dan warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien.

“Salah satu warga diketahui bekerja di DKI Jakarta, kemudian melakukan swab test dan hasilnya positif. Kemudian, kami melakukan tracing dan ditemukan 30 orang terpapar Covid-19,” jelas Hendra, Senin (24/8/2020).

Kemudian, warga yang positif Covid-19 menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara bagi warga yang tidak memiliki gejala khusus diminta untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan diawasi petugas kesehatan yang datang ke rumah.

“Kami minta kepada warga yang positif Covid-19 untuk isolasi mandiri di rumah dan diawasi oleh petugas kesehatan. Warga yang lain juga kami minta ikut isolasi mandiri,” lanjut Hendra.

Saat ini, sebagian besar warga di lingkungan RW tersebut sudah dinyatakan sembuh. Namun, Hendra menjelaskan bahwa piha Dinas Kesehatan tetap mengawasi lingkungan RW tersebut dan juga melakukan disinfeksi rutin di lingkungan tersebut. Warga juga diminta untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak agar tidak terjadi penularan ulang.

“Dinkes masih terus melakukan pemantauan intens dan menyemprotkan cairan disinfektan secara massal di lingkungan tersebut,” ujarnya.