Selain Jakarta, Ini Daftar Daerah yang Memperpanjang Masa PSBB

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta diperpanjang guna mencegah penularan virus corona (Covid-19). Perpanjangan PSBB ini disebut sebagai masa transisi.

Perpanjangan PSBB Jakarta per Kamis (4/6/2020) hingga waktu yang dianggap aman merupakan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melindungi warga Ibu Kota dari Covid-19.

“Kami di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kita memutuskan untuk menetapkan staus PSBB di DKI Jakarta diperpanjang dan menetapkan bulan Juni ini sebagai masa transasisi,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Perlu diketahui Jakarta bukan satu-satunya yang memperpanjang masa berlaku PSBB. Berikut selengkapnya daerah-daerah yang tetap melanjutkan kebijakan PSBB:

1. Palembang

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang resmi memutuskan memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 16 Juni 2020. Hal ini sebagai langkah untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Dari hasil rapat evaluasi yang telah berlangsung selama dua hari ini, kita putuskan pelaksanaan PSBB di Kota Palembang akan diperpanjang hingga 14 hari ke depan terhitung sejak 3 Juni 2020,” ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Selasa (2/6/2020).

2. Tangerang Selatan

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menetapkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga tanggal 14 Juni 2020. Keputusan itu diambil mengacu pada pertimbangan beberapa hal yang terjadi di tengah masyarakat.

“Saya khawatir ada lonjakan, tapi ternyata Alhamdulillah tidak ada lonjakan. Tetapi juga ini perlu kita antisipasi, karena setelah ini kan ada arus balik yang kita nggak tahu orang berapa banyak yang akan datang ke Tangerang Selatan,” terangnya di Balai Kota, Jalan Maruga, Ciputat, Selasa (2/6/2020) sore.

3.Gorontalo

Akses masuk orang ke Provinsi Gorontalo masih akan ditutup baik lewat jalur darat, laut maupun udara terkecuali untuk barang logistik dan kesehatan. Penutupan tersebut dilakukan karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo bersama kabupaten/kota sepakat untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke tahap ketiga.

“Kita sepakat untuk memperpanjang PSBB ke tahap ketiga yang akan mulai diberlakukan tanggal 1 hingga 14 Juni 2020,” ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Sabtu (30/5/2020).

Baca Juga: Alasan Airin Perpanjang PSBB Ketimbang Terapkan New Normal di Tangsel

4. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat memperpanjang masa PSBB secara parsial mulai 30 Mei sampai 12 Juni 2020. Dengan demikian, wilayah di Jabar berstatus zona kuning, yaitu 12 kabupaten/kota melanjutkan PSBB parsial, sementara 15 daerah berstatus zona biru memasuki fase new normal.