Selalu Mengantuk di Pagi dan Siang Hari, Apa Penyebabnya?

Merasa terlalu sering mengantuk di waktu yang tidak tepat bisa sangat mengganggu. Tak hanya mengganggu aktivitas dan produktivitas, sering mengantuk juga bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan tidur.

Sebab, ada beberapa gangguan tidur membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Ini juga dapat menyebabkan insomnia atau mengakibatkan kualitas tidur yang buruk.

Kualitas tidur yang buruk, seperti kita tahu dapat memunculkan beragam masalah kesehatan. Beberapa dampak kualitas tidur buruk atau kurang tidur, di antaranya menurunnya ingatan dan konsentrasi, mood yang tidak stabil, imun melemah, hingga risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Jadi jika Anda sering mengantuk, perhatikan apakah Anda mengalami gangguan tidur yang dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan? Simak penyebabnya, seperti dirangkum dari Verywell Health.
Kebiasaan tidur yang buruk

Penyebab paling umum dari selalu merasa terlalu mengantuk atau mengantuk di siang hari adalah kebiasaan tidur Anda yang buruk. Misalnya, Anda tidak tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur, sehingga Anda cenderung kurang tidur setiap malam.

Anda juga mempunyai kebiasaan sebelum dan selama tidur yang buruk, seperti membiarkan televisi menyala semalaman, atau bermain ponsel hingga larut malam.

Sleep apnea

Sleep apnea atau apnea tidur adalah gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti dan berlanjut berulang kali. Beberapa gejala yang muncul biasanya mendengkur keras dan merasa lelah walaupun telah tidur semalaman. Orang yang mengalami sleep apnea juga biasanya insomnia, mengantuk secara berlebihan di siang hari atau mimpi buruk.

Narkolepsi

Walaupun cukup langka, namun narkolepsi juga menjadi penyebab Anda merasa mengantuk luar biasa di siang hari. Penyebab narkolepsi sampai saat ini belum dipahami, tetapi kemungkinan berkaitan dengan faktor genetik dan sinyal abnormal dalam otak. Beberapa gejalanya meliputi serangan tidur tiba-tiba, kehilangan tonus otot, dan halusinasi.

Sindrom kelelahan kronis

Alasan yang paling mungkin mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan lelah sepanjang hari adalah sindrom kelelahan kronis. Ini merupakan penyakit yang ditandai dengan kelelahan yang amat sangat, kelainan tidur, nyeri, dan gejala lain yang memburuk ketika melakukan aktivitas yang memeras tenaga.

Gejala utamanya adalah kelelahan selama lebih dari enam bulan. Kelelahan sering memburuk seiring aktivitas yang dilakukan, namun tidak membaik setelah istirahat. Orang yang mengalami sindrom ini juga cenderung mengalami gangguan tidur atau mengantuk secara berlebihan.