Sering Terlupakan, Cuci Tangan Bukan Cuma Soal 20 Detik

MESKIPUN jumlah pasien corona Covid-19 belum mengalami penurunan, tapi pemerintah berencana untuk membuka beberapa tempat seperti, mal, dan tempat pariwisata. Pemerintah pun menyebut hidup berdampingan dengan virus corona sebagai era new normal.

Ada bbeberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan dalam era new normal nnti. Salah satunya adalah kewajiban untuk memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Memang, Badan Kesehatan Dunia (WHO) meminta masyarakat untuk melakukan cuci tangan minimal 20 detik, dilakukan dengan penggunaan sabun dan dibilas di bawah air mengalir.

Mencuci tangan yang benar harus dilakukan saat sesudah/sebelum makan, sebelum/setelah memegang anak, setelah memegang benda, setelah kontak fisik dengan orang lain, setelah buang air besar atau buang air kecil di toilet, dan sebagainya.

Tapi, yang sering terlupakan adalah tidak hanya mencuci tangan selama 20 detik, tapi juga bagian-bagian yang harus dibilas.

Nah, Anda harus tahu cara mencuci tangan yang benar dan sudah sering diajarkan. Simak ulasan berikut ini, seperti dilansir dari situs WHO.

1. Basahi telapak tangan

2. Tuang sabun ke tangan/ pakai cairan desinfektan

3. Gosok kedua telapak tangan

4. Gosok punggung tangan kanan dan sela jari

5. Gosok sela-sela jari Genggam jempol kiri dengan telapak tangan tangan kiri dan kanan|dengan telapak kanan Kaitkan jari

6. Gosok telapak tangan secara meutar

7. Bilas kedua tangan di bawah air mengalir

8. Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu kering

9. Gunakan lap atau tisu untuk menutup kran air

Ingat ya, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih ampuh membunuh virus corona dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer.