Wamenkes Dante : Belasan Juta Bulk Vaksin Covid-19 Telah Tiba Di Tanah Air

Sebanyak 16 juta bulk vaksin Covid-19 dan 1,5 juta overfill kembali tiba di Indonesia, pada Minggu (28/3/2021). Vaksin tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Dante Saksono Harbuwono selaku wakil Menteri Kesehatan mengatakan, kedatangan bulk pada saat ini merupakan kedatangan gelombangĀ  yang keempat. Hal ini sebagai pembuktian PT Bio Farma dalam menyediakan dosis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi nasional kepada pemerintah sebanyak 122,5 juta dosis vaksin.

“Hari ini, kita berhasil mendatangkan vaksin Covid-19 tahap ketujuh, sebanyak 16 juta dosis vaksin jenis Sinovac dalam bulk vaksin,” kata Dante dalam cuitannya di akun Twitter @KemenkesRI.

Dante menambahkan, ketersediaan stok vaksin menjadi objek yang sangat vital, hal ini untuk menjaga program vaksinasi masal yang saat ini di jalankan oleh pemerintah. Dengan adanya tambahan jumlah vaksin yang baru pada hari ini, maka tentu kecepatan pelaksanaan program vaksinasi masal untuk tiap harinya akan terus ditingkatkan.

Ini tentunya akan menambah ketersediaan vaksin Covid-19 guna mempercepat program vaksinasi nasional.” Pungkasnya.

“Dengan kedatangan tambahan 16 juta bulk vaksin ini, selanjutnya akan di uji klinis oleh pihak Badan POM guna menjamin keamanan, mutu, serta khasiatnya sebelum diedarkan ke mayarakat luas dalam program vaksinasi nasional yang telah di anjurkan oleh pemerintah”, tutupnya. (Ib)