World Cucumber Day 2023: Hari Merayakan Mentimun yang Unik!

TAHUKAH Anda ternyata setiap 14 Juni pada setiap tahunnya dirayakan sebagai World Cucumber Day alias Hari Mentimun Sedunia?  Hari spesial unik ini biasanya dirayakan dengan pesta dan kemeriahan.

Apa yang terjadi di World Cucumber Day? Menurut laporan Hendrick’s Gin, setiap tanggal 14 Juni para pembuat minuman gin profesional akan menghadirkan minuman koktail dengan mentimun sebagai buah tambahan utamanya.

“Jadi, di World Cucumber Day, mentimun jadi buah spesial dan itu dipakai sebagai bahan tambahan gin. Adanya mentimun menambahkan keunikan dari minuman ini,” jelas laporan tersebut, dikutip Rabu (14/6/2023)

Lebih lanjut, Charmaine Thio yang juga merupakan duta merek Hendrick’s Gin Asia Tenggara mengatakan bahwa salah satu menu koktail yang populer di perayaan World Cucumber Day adalah gin dari infusi mawar dan mentimun.

“Minuman itu punya campuran rasa yang unik dan khas. Adanya mentimun di koktail memberi sentuhan magis yang spesial,” kata Thio.

“Rasa yang enggak bisa didapatkan dari buah lain. Makanya, itu kenapa mentimun menjadi sangat spesial di World Cucumber Day,” tambahnya.

Perlu diketahui, di Inggris sendiri ada perayaan Bulan Mentimun Nasional yang juga jatuh pada 14 Juni setiap tahunnya. Menariknya, secara sejarah hari peringatan ini sudah sangat lama, karena perayaan ini sudah ada sejak 3000 tahun lalu loh!

Dikisahkan lebih lanjut, mentimun kala itu datang dari India melalui pedagang dan penjelajah Eropa. Penggunaan mentimun dulunya untuk salad, sampai akhirnya berkembang jadi olahan lain, contohnya sebagai pendamping minuman beralkohol yang banyak dikonsumsi di musim panas.

Hingga akhirnya beberapa peracik gin menggunakan mentimun sebagai buah tambahan untuk koktail. Berangkat dari sini lah eksistensi mentimun pada minuman gin makin mendunia.

Baca juga

Back to top button